19.48 | Author: Kido Aoyama
Pencemaran
Semua keadaan dan proses yang dapat menyebabkan terganggunya kelestarian alam dan mengancam keselamatan atau kesejahteraan kehidupan manusia dapat disebut sebagai pencemaran. Hal-hal yang menyebabkan pencemaran disebut sebagai bahan pencemar atau polutan. Syarat-syarat suatu zat disebut polutan adalah jika keberadaan zat tersebut menyebabkan kerugian bagi mkhluk hidup. Contohnya, karbondioksida dengan kadar 0,03% di udara berguna bagi tumbuhan,tetapi bila lebih tinggi dari 0,03% dapat memberikan pengaruh yang negatif atau merugikan. Pencemaran yang umum terjadi dapat dikelompokkan menjadi pencemaran udara,air, dan tanah. Pencemaran udara dapat di sebabkan oleh gas buangan kendaraan bermotor seperti CO dan CO2, gas beracun H2S yang dikeluarkan oleh gunung berapi, dan limbah pabrik. Gas berbahaya tersebut dapat menyebabkan kamu kekurangan oksigen sehingga sesak nafas atu lebih fatal menimbulkan kematian.Pencemaran air juga dapat mengganggu kesehatanmu karena air merupakan salah satu kebutuhan hidup sehingga pemakaian air yang tidak bersih akan menimbukan dampak buruk terhadap kesehatan. Pencemaran air dapat disebaban oleh banyak faktor terutama dari aktifitas manusia. Contoh bahan pencemar air adalah limah industri, sisa insektisida, sisa deterjen, dan sampah.
Bagaiman pencemaran tanah terjadi? Pencemaran tanah dapat terjadi terutama akibat tidak hancurnnya sampah yang di buang ke tanah. Contoh sampah tersebut adalah bahan plastik, botol, karet sintetis, dan kaleng. Deterjen yang kamu gunakan di rumah juga merupakan bahan yang sulit di uraikan secar almi sehingga mengganggu kesuburan tanah.
|
This entry was posted on 19.48 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments:

Welcome To Arsiduta School Evolution